Stay in touch
Subscribe to our RSS!
Oh c'mon
Bookmark us!
Have a question?
Get an answer!

Minggu, 04 November 2012

Istilah-istilah dalam dunia anime dan manga

5 komentar
Biasanya kalau kita nonton Anime atau baca Manga kita sering berjumpa dengan sifast-sifat seperti Tsundere, Dandere, Kuudere, Yandere. dan pasti kalian pernah bertemu kata-kata seperti loli, shota, moe atau lainnya kan? nah kali ini aku mau ngepost tentang itu~ this!


sifat-sifat:
Tsundere
sundere (ツンデレ) adalah salah satu bentuk proses pengembangan karakter Jepang yang menggambarkan perubahan sikap seseorang yang awalnya dingin dan bahkan kasar terhadap orang lain sebelum perlahan-lahan menunjukkan sisi hangat kepadanya. Kata ini berasal dari kata tsun tsun(ツンツン) yang berarti membuang muka dengan jijik, ditambah dere dere (デレデレ) yang berarti menjadi penuh kasih sayang atau sedang jatuh cinta. Selain itu, kata ini juga dipakai untuk menggambarkan seseorang yang "biasanya menunjukkan sikap dingin, namun di depan orang yang disukainya, sikap tersebut berubah menjadi penuh kasih sayang."

 Dandere
Salah satu moe-inspiring character trait dalam Anime.
Dan, kalau ada moe trait archetype yang dapat menandingi Tsundere, mungkin hanya tipe karakter ini, Dandere.
Dandere secara literal berasal dari kata "danmari" + "deredere"

Sebuah kata sifat untuk menggambarkan karakter yang pendiam, pemalu namun belakangan melakukan tindakan yang tidak terduga apabila kita perhatikan sifat awalnya yang pemalu. Fase dere-dere nya muncul ketika karakter ini berduaan dengan karakter yang disukainya. Atau bisa juga digunakan untuk menggambarkan sifat karakter yang meskipun pemalu namun betindak progressif bahkan melebihi karakter normal.

Dandere digunakan juga untuk mengekspresikan kondisi ketika seseorang yang berkarakter pendiam (danmari taipu) memasuki fase love struct (dere-dere). Dan gejalanya biasanya terlihat apabila karakter yang bersangkutan bertemu dengan karakter yang disukai.... reaksinya bisa macam macam, salah tingkah, bicara ngawur atau hanya sekedar blushing. Namun ekspresi apapun itu munculnya diluar dugaan kita. Misalnya karakter Primula, kita semua tahu bahwa karakter ini seperti robot yang jarang mengekspresikan emosi. Nah itulah sebabnya ketika Primula blushing itu merupakan sesuatu hal yang tidak terduga bisa terjadi pada karakter ini.... fase inilah yang disebut deredere, dan karakter ini disebut Dandere.


Yandere
Selain itu ada satu lagi istilah yang menggunakan "dere-dere" lagi yakni Yandere. Kebalikan dari tsundere, Yandere bisa bearti semacam fetish pada objeknya, rasa suka yang berubah menjadi "Pemujaan" murni. Contoh yang bagus dari seorang yanderenekko adalah Yukime (Jigoku Sensei Nube).


 Kuudere
Kuudere adalah tipe karakter "cool" (cool = dibaca kuu oleh orang Jepang). Pendiam, tapi tidak emotionless. Ada kalanya mereka menunjukkan sedikit emosi. Tipe ini banyak yang mendekati tsundere jadi akan sedikit susah membedakannya. Perbedaanya, kuudere lebih dewasa daripada tsundere dan bisa menjada imagenya dengan baik.
Contoh: Yin (Darker Than Black), CC (Code Geass), Saber (Fate/Stay Night), Aono Morimiya (Sola), Fumika (Shigofumi) Rima Mashiro (Shugo Chara). 

DOJIKKO

Dojikko adalah moe yang ceroboh. Semua kesalahan yang dia perbuat 100% murni kecerobohan sendiri, sehingga bisa menimbulkan rasa simpati atau tawa penonton. Biasanya digambarkan sebagai orang yang polos sekali atau orang yang lincah tapi “boke” alias bodoh. Sering ditemukan di anime genre komedi.


 Meganeko
Memakai kacamata adalah ciri khas moe ini. Mungkin dengan memakainya bisa terlihat lebih dewasa? Meganekko, sesuai namanya, adalah moe yang memakai kacamata. Biasanya digambarkan sebagai orang yang kaku dan serius. Tapi ga semuanya begitu. Bisa ambil contoh Miss Dia dari game Luminous Arc 2.

 PETTANKO
Moe ini memiliki pertumbuhan fisik, khususnya bagian dadanya, yang terlambat, sehingga bisa terlihat seperti anak kecil. Biasanya digambarkan tomboi, dia ini sangat over-peduli dengan ukuran dada ratanya dan marah dibilang anak kecil.

istilah-istilah dalam anime manga:

Baka: Bodoh/idiot

Neko: Kucing

Kawaii: Lucu atau imut


Moso musume : istilah Anime ini untuk cewek yang suka berkhayal 

OVA : (Original Animated Video) adalah anime yang langsung dirilis dalam bentuk video dan tidak ditayangkan di bioskop atau di televisi terlebih dahulu. Kadang disebut juga OAV (original animated video).

Seiyuu : dubber atau pengisi suara dalam bahasa jepang.

Ero : hal - hal yang berbau erotisme. 

Crossover : Persilangan dua seri atau lebih, banyak dijumpai dalam doujinshi, tapi ada pula yang sengaja dibuat oleh mangaka untuk memperingati hari tertentu.Neko : kucing.

ONA/"Original Net Animation" : Anime yang tidak dipublikasikan lewat televisi, namun disebarkan pada media Internet melalui situs streaming. Cth: Penguin Musume, Bounen no Xam'd, The Melancholy of Suzumiya Haruhi-chan.

Tankoubon : format manga yang berbentuk satu buku tersendiri yang biasa kita lihat (kalo ga ngerti, di indonesia dipakai istilah volume). Di jepang, suatu manga di terbitkan per chapter di majalah kumpulan manga seperti Nakayoshi atau Shounen jump. Setelah itu baru dirilis tankoubonnya jika judul tersebut dirasa sudah terkenal atau jumlah chapternya sudah mencukupi.

E/Ero/Ecchi : Diibaratkan batas antara Hentai dan non Hentai. Biasa menunjuk pada manga/anime yang menampilkan banyak fanservice untuk menarik perhatian fans. 

Lemon : Istilah Anime ini ditujukan pad fanfic yang dibuat yang mengandung materi “dewasa”

All Hail  : Semacam penghormatan, bisa diartikan "Long life!" atau "Hidup!"
All Hail dipopulerkan di anime Code Geass, dari kata All Hail Britannia.

Buruma/"Bloomers" : Celana bawahan yang dikenakan karakter perempuan saat berolahraga. 

Hentai : 18++, penuh konten seksual.

Josei : Pengertian Josei adalah Perempuan muda.
Manga dan anime yang ditargetkan pada perempuan usia 18-30 tahun/tingkat kuliah. Setingkat dengan seinen, cerita romancenya lebih realistis, dengan cerita lebih dewasa dan eksplisit.

Yuri : Seri tipe ini mengulas hubungan yang intim antar wanita dengan wanita.

Yaoi : Kebalikan dari "Yuri"Seri tipe ini mengulas hubungan yang intim antar alaki-laki dengan laki-laki.

Seinen : Pengertian Seinen adalah Laki-laki muda.
Manga dan anime yang ditargetkan pada laki-laki/pemuda usia 18-25 tahun. Dimana ceritanya dibuat untuk menarik golongan mahasiswa atau yang sudah berada di dunia kerja . Biasanya cerita berkisar dalam dunia nyata dan pendewasaan diri.

Shounen : Seri yang ditujukan terutama bagi laki-laki, dimana biasanya mengandung pertarungan dan kekerasan.

Shoujo : Seri yang ditujukan terutama untuk wanita. Biasanya merupakan kisah romantis, dan terdapat pengembangan karakter yang kuat dalam cerita.

Comiket / "Comic Market" : Pameran atau book fair yang diadakan di Jepang setahuun dua kali, selalu dijejali penggemar komik.

Fetish : Minat, kesukaan yang spesifik akan suatu hal, baik anggota tubuh, sifat, keadaan, dll.

Omake : corat coret gambar atau kata2 dari pngarang di akhir tankoubon, biasanya tidak brhubungan langsung dengan jalur crita.

Saimoe : Kontes popularitas karakter-karakter anime yang diadakan tiap tahun.

Sukumizu : Baju renang klasik yang biasa dikenakan karakter perempuan saat berenang di kolam sekolah.

Seme/Uke : Istilah dalam cerita bergenre Yaoi/Shounen ai
Seme: karakter yang menyerang-bisa diibaratkan perannya sebagai pihak LelakiAnimelo / "Animelo Summer Live" : Konser Anime terbesar di Jepang yang dilakukan tiap tahun, pertama kali diadakan musim panas tahun 2005.

Brocon/"Brother complex" : Memiliki perasaan/ hubungan percintaan dengan saudara laki-laki
(onii-chan moe bila saudara laki-laki lebih tua)

Siscon/"Sister Complex" : Memiliki perasaan/ hubungan percintaan dengan saudara perempuan
(imouto moe bila saudara perempuan lebih muda)

Mazakon/ Oedicon/Oedipus Complex : Pria yang menyukai wanita yang jauh lebih dewasa, atau bisa juga kasus dimana jatuh cinta pada ibunya sendiri.

Fazakon : Jatuh cinta pada ayahnya sendiri.

Karesen kareta ojisan senmon(ka) : Karakter cewek yang menyukai pria dewasa yang sudah tua (jauh di atas usianya) 

Tsukkomi : Satu orang berperan sebagai si pintar, berfungsi sebagai pengumpan.

Boke : Seorang lagi yang berperan sebagai si bodoh yang terus menyerocos bercerita agar penonton tertawa.

Ronin / 浪人 /  rōshi  : Samurai yang kehilangan atau terpisah dari tuannya (samurai tak bertuan)
Biasanya mengembara mencari tujuan hidup.
Di Jepang jaman sekarang, ronin juga berarti lulusan smu yang gagal lulus tes masuk universitas.

Sekaikei : Anime dengan plot dari sudut pandang orang pertama dan kedua. Umumnya karakter terdiri dari Hero (me), Heroine (you), dan dunia tempat mereka tinggal (the world). Biasanya menceritakan mengenai Heroine yang tindakannya dapat mempertahankan/merubah dunia, dan karakter utama yang mendukung heroine. cth: The Melancholy of Suzumiya Haruhi, Neon Genesis Evangelion, Eureka Seven.

Unlimited ... works : Dipopulerkan oleh Archer/ fate stay night, dengan jurusnya unlimited blade works.
Uke: karakter yang diserang(penerima)- peran sebagai Perempuannya

Tsurupeta / "Tsurutsuru" (smooth, polished, especially hairless) "Pettan" (flattening) : Tubuh wanita yang 'flat' dan 'smooth'.

Mangaka : orang yang membuat manga. Bahasa Indonesianya adalah komikus.


Fujoshi : "rotten girl / fallen woman". Sebutan untuk cewek" penggemar Yaoi, shounen ai.

Fudanshi  : Sebutan untuk cowok pnggemar yuri, shoujo ai.

Futa/Futanari : "Two From" atau "Hermaprodhite". Karakter dengan dua kelamin. oWo

Guro : biasanya guro bergabung dengan horror, tapi sebenarnya, guro adalah istilah untuk cerita yang banyak menampilkan, adegan2 DP seperti organ tubuh manusia tercerai berai, potong sana, potong sini.




Cosplay: meniru tokoh/karakter tertentu dari anime/manga, mulai dari kostum, perlengkapan, tata rias, bahkan kadang sampai adegan pertarungan.


Bishoujo: artinya cewek muda yang cantik

Bishounen: cowok yang cantik

Ikemen: Cowok keren/ganteng


Hikkikomori: orang yang menarik diri dari dunia luar/sosial.


Lolicon: Dalam bahasa aslinya Lolicon memiliki makna seseorang yang mempunyai obsesi pada anak-anak dibawah umur, menjelang atau sebelum masa pubertas yang disebut Lolita (kerap kali hanya disebut loli saja). Obsesi seperti yang dinyatakan pada tulisan sebelumnya dapat bermakna obsesi yang tidak berhubungan dengan sexualitas.


 Gosurori/GothLoli/Gothic Lolita : sebuah trend fashion yang diinspirasi dari gaya berpakaian anak-anak zaman “Victorian”.

Mecha : Istilah Anime ini berasal dari kata “mechanical”. Digunakan sebagai istilah dalam manga atau anime yang menampilkan karakter robot. Istilah ini paling lekat dengan anime gundam.


Moe : bahasa slang jepang yang berarti “daya tarik” dari karakter anime atau manga yang membuat seseorang sangat “ingin” melindungi karakter tersebut. Moe! Juga sering dipakai sebagai kata seru.

Nijikon : Istilah Anime ini  singkatan dari “Nijigen komperekkusu”. Suatu istilah untuk menyebut seseorang yang terobsesi pada model karakter 2 dimensi.
\

Shotacon : (Shoutarou komperekkusu) istilah Anime ini dalam bahasa jepang yang menggambarkan ketertarikan pada anak lelaki dibawah umur (seperti istilah “brondong” dalam bahasa indonesia). Dipakai juga untuk orang yang tertarik pada anak lelaki di bawah umur.



Maid : Pelayan atau pembantu yang biasa diperkerjakan di rumah2 bangsawan inggris. Seiring banyaknya anime/manga yang menggunakan karakter ini, maid menjadi sangat populer di Jepang.

Gender Bender : Cewek berubah jadi cowok, cowok berubah jadi cewek,
*Sebenarnya TRAP atau cewek pakai pakaian cowok, cowok pakai pakaian cewek juga tergolong di genre ini.




Harem : Suatu seri dimana satu karakter cowok dikerubutin beberapa karakter cewek.

Shoujo Ai : Seringkali disamakan dengan yuri. Bedanya cuma ini lebih halus, sedikit lebih tidak ekstrim dibanding yuri / "Soft Yuri"
Shounen ai : Seringkali disamakan dengan yaoi. Bedanya cuma ini lebih halus, sedikit lebih tidak ekstrim dibanding yuri / "Soft Yaoi"

Nekomimi / "Catgirl" : Karakter perempuan dengan telinga kucing dan atau ekor kucing.
Trap : Laki-laki,biasanya berwajah cantik, yang menggunakan baju perempuan (crossdressing).

nah itu lah beberapa istilah-istilah di anime dan manga. mungkin masih banyak lagi istilah yang belum saya sebutkan hehe mohon maaf ya~ m(__)m arigatou and jaa matta nee~ :3/

sumber: wikipedia, beberapa situs untuk gambarku dan 
http://otakugakureon.blogspot.com/2011/08/istilah-istilah-dalam-manga-anime.html
hountou ni arigatou :D

5 komentar: